UNIVERSITY OF INDONESIA

HOST TO HOST PAYMENT SYSTEM '06

"Host to Host" — Apakah Itu...

Host to Host adalah sistem pembayaran dimana mahasiswa dapat langsung membayar biaya pendidikannya secara online via ATM atau kanal pembayaran lainnya.

Dengan memanfaatkan 'teknologi payment switching, proses pembayaran dapat dilakukan lebih dari 1 bank asalkan bank tersebut bekerja sama dengan UI. Untuk dunia pendidikan di Indonesia, implementasi model Host to Host seperti ini baru UI yang menerapkan loh ...
Jadi bisa dibilang UI adalah perintis sistem pembayaran Host to Host dalam dunia pendidikan di Indonesia.

"Host to Host" — Beda atau Biasa...

Beda dong … yang pasti dengan sistem Host to Host ini mahasiswa yang berperan aktif melakukan transaksi pembayaran biaya pendidikan di UI sejumlah yang ditagihkan kepadanya secara langsung, plus keuntungan-keuntungan yang lain.

"Host to Host" — Keuntungannya...

Dengan menggunakan sistem Host to Host, civitas akademiks UI bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan berikut...

  1. Satu untuk semua (...selain tagihan kredit, bayar listrik, pulsa hp :)

    Dengan sistem Host to Host ini, mahasiswa tidak perlu lagi membuka rekening baru di bank tertentu. Jika kamu atau orang tua kamu sudah memiliki rekening di bank-bank yang bekerja sama dengan UI, maka kamu tinggal menggunakan layanan di bank yang disediakan bagi Host to Host untuk membayar. Pada tahap awal, bank-bank yang sudah dapat digunakan adalah:

    • Bank BNI
    • Bank Permata
    • Bank Niaga
    • Bank Bukopin
    • Bank BTN
    • Bank Mandiri

    Dan akan ada lagi bank-bank yang bergabung di kemudian hari.

  2. Banyak jalan menuju Roma (baca: bank)

    Selain gak repot buka rekening baru, ada alternatif kanal pembayaran yang dapat digunakan, tergantung layanan yang disediakan oleh bank yang bersangkutan untuk Host to Host, seperti Teller (hanya di BNI), ATM, Mobile Banking, dan Internet Banking.

  3. Anda bisa berjalan dengan rasa aman

    Semakin banyaknya alternatif kanal pembayaran, tingkat keamanan juga akan meningkat. Penggunaan mobile banking, phone banking dan internet banking dapat mengurangi resiko di perjalananan yang mungkin terjadi ketika mahasiswa pergi ke ATM atau Bank.

  4. Semudah mengetikkan NPM

    Mahasiswa tidak perlu mengingat-ingat nomor rekening tertentu untuk melakukan pembayaran, cukup dengan nomor pokok mahasiswa saja sudah dapat bertransaksi.

  5. Proses terotomatisasi dalam waktu real time

    Transaksi pembayaran dengan sistem Host to Host ini akan tercatat secara real time, meng-update status pembayaran mahasiswa di basis data UI. Tidak ada lagi deh berita miring soal pembayaran yang “hilang” di tengah jalan, dan yang pasti tidak ada lagi penagihan atas pembayaran yang sebenarnya sudah dilakukan.

  6. Terhubung ke Internet

    Status transaksi pembayaran dapat dicek. Caranya: Login ke https://academic.ui.edu/, isi Isian Data Mahasiswa (IDM) jika kamu belum mengisinya, selanjutnya data pembayaran dapat dilihat di menu Akademik > Data Pembayaran.

Menu


Tujuan Lain...

© 2006 Direktorat Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi Universitas Indonesia
Public domain design by DaveReederDesign + NuvoX icons (GPL). Please ask for permission when quoting text materials.